Bentuk Tempat Penimbunan Berikat (TPB)

Bentuk TPB


Tempat Penimbunan Berikat (TPB) adalah salah satu bentuk fasilitas di bidang kepabeanan. Peraturan menyebutkan definisi TPB adalah bangunan, tempat, atau kawasan yang memenuhi persyaratan tertentu yang digunakan untuk menimbun barang dengan tujuan tertentu dengan mendapatkan penangguhan Bea Masuk. Ada 7 (tujuh) bentuk fasilitas TPB, yaitu:

1. Gudang Berikat (GB)

GB adalah TPB untuk menimbun barang impor, dapat disertai 1 (satu) atau lebih kegiatan berupa pengemasan/pengemasan kembali, penyortiran, penggabungan (kitting), pengepakan, penyetelan, pemotongan, atas barang- barang tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk dikeluarkan kembali.

2. Kawasan Berikat (KB)

KB adalah TPB untuk menimbun barang impor dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean guna diolah atau digabungkan sebelum diekspor atau diimpor untuk dipakai.

3. Tempat Penyelenggaraan Pameran Berikat (TPPB)

TPPB adalah TPB untuk menimbun barang impor dalam jangka waktu tertentu, dengan atau tanpa barang dari dalam Daerah Pabean untuk dipamerkan.

4. Toko Bebas Bea (TBB)

TBB adalah Tempat Penimbunan Berikat untuk menimbun barang asal impor dan/atau barang asal Daerah Pabean untuk dijual kepada orang tertentu.

5. Tempat Lelang Berikat (TLB)

TLB adalah TPB untuk menimbun barang impor dalam jangka waktu tertentu untuk dijual secara lelang.

6. Kawasan Daur Ulang Berikat (KDUB)

KDUB adalah TPB untuk menimbun barang impor dalam jangka waktu tertentu yang di dalamnya dilakukan kegiatan daur ulang limbah asal impor dan/atau asal Daerah Pabean sehingga menjadi produk yang mempunyai nilai tambah serta nilai ekonomi yang lebih tinggi.

7. Pusat Logistik Berikat (PLB)

PLB adalah TPB untuk menimbun barang asal luar daerah pabean dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean, dapat disertai 1 (satu) atau lebih kegiatan sederhana dalam jangka waktu tertentu untuk dikeluarkan kembali.


Bentuk TPB yang paling dikenal mungkin adalah Kawasan Berikat dan Gudang Berikat (GB). Saya sendiri sampai sekarang belum pernah mengetahui adakah perusahaan yang mendapatkan fasilitas TPB sebagai Kawasan Daur Ulang Berikat (KDUB). Masing-masing bentuk TPB diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan tersendiri. PMK ini kemudian akan diatur teknisnya dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai.


Download:

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2009 tentang Tempat Penimbunan Berikat (TPB)
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 85 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Nomor 32 Tahun 2009 tentang Tempat Penimbunan Berikat (TPB)